Repair Computer Balikpapan

Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas & Mati Sendiri

Sungguh menjengkelkan ketika kita sedang mengerjakan tugas atau bermain game laptop tiba-tiba mati sendiri. Laptop tiba-tiba mati sendiri karena laptop terlalu panas atau overheat. Ini bisa dikarenakan oleh berbagai macam faktor yang bermasalah pada hardware laptop.

Misalnya, karena ram laptop bermasalah, atau kipas laptop yang tidak berfungsi dan juga banyak debu. Salah satu tips untuk mengurangi laptop agar tidak cepat panas ialah dengan membersihkan bagian hardware laptop dari debu. Ini penting sekali agar semua perangkat berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Tips lainnya ialah menggunakan laptop dibagian permukaan datar. Seperti di lantai atau meja. Jangan bermain laptop di kasur atau permukaan yang empuk. Karena bisa meningkatkan kadar suhu panas pada laptop dan adanya hambatan untuk sirkulasi udara pada kipas laptop.

Selain itu, tips ampuh lainnya ialah dengan menggunakan Cooling Pad. Perangkat yang merupakan kipas tambahan yang dipasang dibawah laptop. Anda bisa menemukan perangkat ini di toko komputer. Harganya cukup beragam dan relatif murah.

7 Penyebab Komputer Cepat Panas Dan Penanganannya
Komputer dapat menjadi cepat panas bisa disebabkan oleh waktu penggunaan disertai kerja yang berat oleh beberapa komponen komputer, atau juga karena komponen-komponen tersebut mengalami masalah atau rusak.

Berikut ini 7 penyebab komputer cepat panas disertai tips dan trik cara mengatasi atau mencegahnya :

Komputer digunakan main game terlalu lama.
Untuk bermain game terutama dengan gambar beresolusi tinggi, diperlukan 3 komponen yang bekerja berat yaitu processor, memory dan VGA. Processor yang bekerja terlalu berat akan menimbulkan panas tinggi dan bisa saja menyebabkan komputer langsung mati sendiri.
Untuk mencegahnya, bisa dengan menambahkan kipas di bagian belakang CPU untuk meneluarkan udara panas dari dalam.

Perhatikan processornya.
Ada perbedaan antara AMD dengan Intel. Processor terbaru Intel hanya membolehkan panas sampai 72 0C, sedangkan AMD bisa sampai 85 0C. Jadi ada perbedaan signifikan apabila diraba dengan tangan. Tetapi jika masalah panas ini kemudian menyebabkan komputer jadi lambat atau mati sendiri barulah jadi masalah.

Fan pendingin rusak atau kotor berdebu.
Jika kecepatan kipas sudah menurun atau sangat berdebu maka suply udara pendingin juga akan menurun sehingga Processor menjadi overheating.
Cara mencegahnya bisa dengan membuka kipas dan bersihkan dari debu lalu pastikan bahwa kipas tersebut masih berputar dengan normal, atau jika sudah diketahui rusak sebaiknya diganti.

Overclock BIOS.
Overclock BIOS atau performance kartu grafis, CPU, motherboard, RAM dan semua komponen di dalam CPU yang dibuat maksimum, dapat menyebabkan komputer cepat panas atau lebih buruk lagi bisa menyebabkan komputer tidak berfungsi sama sekali.
Mencegahnya, jika overclock ini penyebabnya, kembalikan BIOS ke posisi normal kembali.

Power Suply bermasalah.
Jika terjadi kebocoran pada Power Suply, maka tegangan listrik ke moterhboard, atau bisa juga seluruh komponen listrik CPU jadi panas. Bahkan sejumlah komponen bisa langsung rusak.
Cara mencegah komputer cepat panas, bisa menggunakan Stabilizator atau UPS untuk menjaga tegangan listrik.

Posisi Aluminium Heatsink (pendingin) tidak tepat/miring.
Jika aluminium ini tidak menempel dengan tepat pada badan processor, maka processor dapat mudah overheat. Kemudian komputer pasti mati sendiri.
Untuk mencegahnya, jika Anda bisa melakukannya dengan hati-hati, buka fan di atas processor dan periksa apakah aluminium heatsink menempel dengan tepat pada Processor. Jika perlu, buka aluminium pendingin dan bersihkan pasta pada permukaan processor lalu oleskan kembali pasta yang baru.

Aluminium Heatsink (pendingin) Processor atau VGA berdebu/kotor.
Pastikan heatsink cukup bersih dari debu karena debu bisa menghambat proses pendinginan dari kipas dan menyebabkan komputer cepat panas.
Caranya bisa dengan membersihkan kipas pendingin processor setiap 6 bulan sekali.

0 Response to "Repair Computer Balikpapan"

Post a Comment